PPC Iklan Blogger Indonesia

Rabu, 17 Agustus 2011

Malam Nisfu Saban

Malam Nisfu Saban – Sahabat Pustakers, khusunya yang beragama Islam, sebentar lagi Bulan yang maha berkah dan Suci Ramadhan 1432 H telah masuk lagi, dimana kita akan diberi kesempatan lagi untuk beramal sebanyak-banyaknya di bulan itu. Saat ini kita telah berada di bulan Saban (bulan sebelum ramadhan versi penanggalan Hijriah). Bulan Saban merupakan salah satu bulan yang dirahmati oleh Allah SWT, dimana pada bulan ini terdapat apa yang dinamakan malam nisfu Saban.
Yup… malam nisfu saban sendiri kalau diartikan adalah sebuah moment atau waktu, tepatnya pada pertengahan Bulan Saban. Jika kita menengok kebelakang, melihat sejarah panjang perjalanan agama kita, agama Rahmatan lil alamin, maka kita akan menemui bahwa pada malam nisfu syaban merupakan malam dimana saat itu dipindahkan kiblat orang muslim dari Baitul Maqdis Palestine ke arah Masjidil Haram Mekkah Arab Saudi.
Lantas apa yang dilakukan untuk menyambut malam nisfu saban ini?, untuk menyambut malam nisfu saban adalah dengan berpuasa sunnat, tepatnya puasa malam  pada penanggalan 15 syaban 1432 H, Tahun ini bertepatan dengan hari Sabtu Malam tanggal 16 Juli 2011.
Adapun Hukum dari malam nisfu saban adalah seperti yang dikatakan Al-Qurthubi didalam menafsirkan firman Allah SWT:Hukum Nisfu Sya'ban
Artinya:
“Orang-orang yang kurang akalnya diantara manusia akan berkata: “Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka Telah berkiblat kepadanya?” Katakanlah: “Kepunyaan Allah-lah timur dan barat; dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus”. (QS. Al Baqoroh : 142).
Detail penjelasan Al-Qurthubi ini, bisa dilihat Disini.
Okk Sahabat Pustakers, semoga artikel ini bisa jadi penerang tatakala dalam sanubari kita bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud malam nisfu saban atau apakah itu puasa nisfu saban.
Semoga artikel yang masih jauh dari kesempurnaan ini, bisa sedikit memberikan manfaat bagi kita semua, khusunya Ummatnya Muhammad SAW, ummat Muslin yang slalu dirahmati oleh Allah SWT. [ps]
Update:
Doa Nisfu saban dalam tulisan latin anda Bisa unduh DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

morzing.com dunia humor dan amazing!