PPC Iklan Blogger Indonesia

Minggu, 24 April 2011

Seruni Bodjawati dan Titisan Darah Seni Leluhur

Seruni Bodjawati adalah pelukis muda yang lahir pada tanggal 1 September 1991 dengan bakat seni yang menurun dari para leluhurnya. Pihak orang tua Seruni memberikan peluang besar bagi bakat anaknya untuk berkembang. Inilah yang terjadi pada keluarga dramawan/pelukis Sri Harjanto Sahid dan pelukis Wara Anindyah. Putra-putri mereka yaitu Wiku Pulangasih, Seruni Bodjawati, Ratu Pandan Wangi, Satrio Kinasih dan Sang Putri Pesona tumbuh sebagai pelukis-pelukis cilik yang handal dan diperhitungkan di Indonesia dan dunia internasional karena mereka diberi fasilitas secara materi dan rohani dalam berkarya seni. Kakek buyutnya, Ki Sukarno Gondowarsito adalah budayawan besar di Banyumas. Wawasannya luas di bidang pedalangan, pendidikan dan kejawen. Darah Tionghoa yang mengalir dari pihak ibunya juga memberikan pengaruh unik pada karya seninya.
Seruni mulai mencoret-coret sejak usia 10 bulan. Semasa kanak-kanak ia menjuarai puluhan lomba lukis anak tingkat nasional, DIY, dan JaTeng. Semula karyanya abstrak hingga berkembang secara alamiah menemukan bentuk-bentuknya sendiri yang naif, ekspresif, artistik, indah, dan lugas. Hingga tahun 2010 Seruni telah berpameran tunggal tiga kali di Yogyakarta (pameran tunggal pertamanya saat ia berusia sembilan tahun di Kayon’s Gallery dibuka oleh pelukis Kartika Affandi) dan pameran bersama puluhan kali di dalam dan luar negri antara lain di Jepang (Kyoto), Amerika (New York), Australia (Melbourne), Filipina (Manila), Romania (Bucharest), Prancis (Aix-Marseille, Boulogne & Paris), India (Hyderabad), Inggris (London), Jerman (VK Lauterbach), New Zealand (Christchurch), dan Hongaria (Budapest & Eger).
Karya Seruni bukan saja mengemukakan bakatnya yang aneh tapi terutama menunjukkan proses berlatih dan pergulatan yang setia menekuni dunianya.

Diolah dari artikel-artikel majalah TOP, koran Minggu Pagi, Kedaulatan Rakyat, Bernas, dan Wanita Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

morzing.com dunia humor dan amazing!