Sabtu, 09 Juli 2011

Pesta Seks Tanpa Gangguan Sejak "Lahir"

Reproduksi seksual mungkin telah dilakukan hewan ini sejak hidup di muka Bumi. Bahkan, makhluk primitif multisel yang hidup 540 juta tahun lalu itu bisa pesta seks tanpa gangguan predator seumur hidupnya.

Perilaku spesies yang yang hanya diketahui dari fosilnya itu dilaporkan jurnal Science edisi teranyar. Hewan yang tubuhnya berbentuk silinder itu diberi nama Funisia dorothea. Makhluk tersebut pernah hidup di dasar laut yang landai dan berpasir di pedalaman Australia. Hewan multisel seperti ini diperkirakan mulai bekembang sejak 600 juta tahun.

"Tidak ada yang memangsanya, sehingga mereka hidup damai, melakuan reproduksi seksual saat itu, dan metode aseksual di lain waktu, misalnya tunas," ujar Mary Droser dari Universitas California Riverside, AS seperti dilansir Science. Makhluk tersebut mirip koral, spons, dan hewan multisel yang hidup berkoloni saat ini.

Hampir semua hewan laut yang membentuk koloni seperti ini menjalankan reproduksi seksual. Saking rapatnya, jika diinjak terasa mirip permukaan kulit anak sapi. Hidup berkoloni lebih menguntungkan karena sperma dan sel telur yang dipancarkan ke air lebih mudah bertemu. Funisia dorothea hidup di ekosisitem yang kompleks bersama tiram dan siput. Namun, tidak ditemukan adanya bukti-bukti predator di sekitarnya, seperti fosil tulang atau gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar