Rabu, 27 Juli 2011

Rumahku Syurgaku...

Seribu mafaat yang kita dapat rasakan dengan menghadirkan alam nan asri di rumah dengan aneka tanaman, namun kita harus jeli memilih tanaman yang seduai dengan estetika rumah. Tanaman apa yang tepat untuk rumah kita?
Bukan sekedar untuk tempat beristirahat tetapi disini juga kita membina rumah tangga. Dengan berbagai fungsi rumah yang kita tempati. Membuat kita ingin membuat rumah terasa nyaman dengan menggunakan tanaman. Kehadiran tanaman di halaman rumah bukan hanya menambaj nilai keindahan tetapi juga dapat sebagai peneduh. Namun , untuk kenyamanan ini , kita perlu memilih jenis tanaman dan memilih lokasi yang tepat untuk menanamnya. Di lingkungan rumah, peran pagar sangat berarti. Tanaman dengan penataan yang baik bisa menjadi pagar yang menghadirkan kesan segar , luwes,dan asri. Pagar hijau ini bisa menggunakan belutas, mankokan, cakra-cikri, katuk,kelor, kendodongan dan turi. Di kiri dan kanan bangunan rumah atau sepanjang jalan menuju rumah, dapat kita Tanami dengan berbagai sayuran. Seperti sayuraan yang berwarna warni contohnya, talas, kol,kembang kol, bayam, terung, leuncak, peterceli, selada, tomat, cabai merah, cabai rawit, dll.
Apabila halaman rumah berdebu, maka rumput menutup tanah dapat juga digunakan tanaman merambat seperti ubi,labu waluh, kangkung, semangka, mentimun, melon, dan sebagainya. Efektifitas tanaman ini dalam menahan debu sama baiknya dengan rerumputan. Supaya halaman terlincung dari terik matahari , ditengah rumah bisa di tanam tanaman yang berdahan banyak seperti mangga, rambutan, sawu, belimbing dan tanaman buah lainya. Dan di tanaman buah ini di bagian batang kita bisa tanam berbagai macam tanaman anggrek yang berwarna warni. Dan di halaman belakang kita bisa tanam berbagai macam tanaman obat dan bumbu bumbuan. Tanaman ini membuat halaman belakang jadi lebih sejuk dan segar. Baik juga digunakan untuk bercengkrama dengan anggota keluarga.
Untuk rumah yang kecil dan sempit menanam tanaman sayur tidak perlu menggunakan area lahan yang luas. Karena tanaman-tanaman ini bisa kita tanam dalam pot. Dan pot juga kita bisa gunakan kaleng bekas, bamboo, ban mobil dll.
Menghadirkan alam nan hijau dan asri dalam rumah kita tidak terlalu sulit . selama ada kemauan. Keindahan dan kesegaran tanaman itu akan menjadi pelipur , disela padatnya pekerjaan. Dan kita bisa rasakan kenyamanan dan keindahan dalam rumah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar