PPC Iklan Blogger Indonesia

Kamis, 21 Juli 2011

Sebabkan Lumpur Beracun, Bos Pabrik Ditahan

Seorang eksekutif perusahaan alumunium ditahan oleh kepolisian Hungaria pada Senin, 11 Oktober 2010 . Dia ditangkap atas kelalaian yang menyebabkan bencana lumpur beracun dan menewaskan sejumlah warga di Hungaria.

Penahanan direktur pelaksana perusahaan MAL, Zoltan Bakonyi, ini diumumkan di parlemen oleh Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban. Menurut penyelidikan, Bakonyi sebenarnya sudah lama mengetahui adanya keretakan tempat penampungan limbah pada pabrik yang dia kelola. Namun Bakonyi membiarkannya demi mengejar keuntungan perusahaan.

“Kemungkinan tersangka mengetahui akan adanya bahaya pada keretakan di dinding kolam penampungan. Namun dia berpikir, demi keuntungan pribadi, keretakan itu tidak perlu diperbaiki dan berharap tidak akanterjadi apa-apa,” ujar Orban seperti dilansir dari laman harian The New York Times.

Menurut pernyataan polisi, saat ini Bakonyi sedang menjalani pemeriksaan terkait jebolnya penampungan lumpur di pabrik alumunium di Ajka. Bakonyi akan ditahan selama 72 jam sebelum akhirnya dapat dijatuhkan dakwaan atasnya.

Perusahaan MAL sebelumnya adalah perusahaan negara yang diprivatisasikan pada tahun 1990an. Arpad Bakonyi, ayah dari Zoltan Bakonyi, adalah pengusaha yang memainkan peran penting dalam privatisasi perusahaan alumunium tersebut dan mempunyai saham terbesar.

Insiden jebolnya tembok penampungan lumpur yang membunuh empat orang dan melukai ratusan lainnya serta merusak lingkungan, membuat pemerintah merasa harus mengambil alih kembali perusahaan ini. Perdana Menteri Orban mengatakan pada anggota parlemen bahwa komisi negara yang akan mengatur perusahaan MAL beserta seluruh asetnya. Orban juga akan memastikan perusahaan pimpinan Bakonyi akan membayar semua kerugian yang ditimbulkannya.

“Karena ini bukan bencana alam, melainkan kesalahan manusia. Para pembayar pajak tidak akan membayarnya, tapi yang menyebabkan bencana ini yang harus membayarnya. Kami akan memastikan perusahaan bertanggung jawab,” ujar Orban.

Bakonyi akan didakwa atas tindak kriminal berupa kelalaian yang menyebabkan bencana besar. Jika terbukti bersalah, Bakonyi akan menghadapi hukuman penjara hingga 10 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

morzing.com dunia humor dan amazing!