Senin, 27 Juni 2011

Masyarakat Amerika Tak Mengakui Angka 13

Siapa bilang cuma Indonesia yang percaya takhyul dan hal-hal gaib? Hampir di setiap negara di belahan dunia ini memiliki kepercayaan khusus terhadap dimensi tersebut. Bahkan Amerika yang selalu berkoar tentang peradaban dan teknologi mutakhir, masyarakatnya justeru sangat paranoid tentang angka 13. Ekstremnya, mereka tak punya angka 13 baik untuk nomor rumah ataupun nomor lantai di setiap gedung.
Jadi, dari lantai 12 misalnya, kita langsung berada di lantai 14 sebagai lantai berikut.

Apakah sebenarnya yang mereka yakini tentang itu? Mengapa mereka begitu paranoid tentang angka ganjil tersebut yang bagi sebagian kalangan kita di sini justeru merupakan angka keramat ? Bagaimanakah awal mula cerita hingga hal tersebut menjadi begitu fenomenal?

Begitu lazimnya ketiadaan nomor itu, hingga konon warga AS tak menyadari ketiadaannya dan ketidakdigunakannya nomor itu dalam keseharian. Aneh ya...?!

Jadi, kalau suatu saat anda berada di lift di negeri Amrik, tak usah heran jika angka 13 ternyata tak tercantum di tombol. Ia memang lebih mirip ditiadakan dalam kehidupan sehari-hari walaupun dalam bilangan masih tetap tercantum.

Secara pribadi, saya sendiri tak tahu persis sejarahnya. Bahkan beberapa warga Amerika sendiri yang saya tanyai mengaku tak tahu persis tentang asal muasalnya. Entah siapa yang memulai, dan bagaimana ceritanya, wallahu'alam.

Satu-satunya yang membuat orang bisa mengaitkan fenomena kengerian tentang angka 13 yang tertanam di benak umumnya warga Amrik yang menyadarinya... mungkin film horor itu, The Nightmare 13 dengan tokoh Freddy-nya yang amat sangat mengerikan. Iiihhh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar