Kamis, 21 Juli 2011

Demokrat Sulsel: Anas Diganti, Partai Melemah

VIVAnews - Ketua Partai Demokrat Sulawesi Selatan, Ilham Arief Sirajuddin, menyatakan rapat kordinasi nasional (rakornas) 23 Juli mendatang tidak akan sampai pada agenda Kongres Luar Biasa (KLB). Menurut dia, Rakornas mendatang murni untuk melakukan konsolidasi serta evaluasi kinerja Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum dalam dua tahun terakhir.

Ilham, yang juga Walikota Makassar, menilai meski ada sejumlah desakan penggantian Anas dari kursi Ketua Umum, namun itu tidak menjadi agenda pokok dan utama. Yang dibahas, kata Ilham, bukan pribadi Anas, melainkan persoalan-persoalan yang muncul dan menyerang Demokrat dalam beberapa hari terakhir.

"Rakornas lebih pada konsolidasi dan evaluasi untuk memperkuat posisi dimasing-masing daerah dalam menghadapi agenda politik mendatang. Masalah akhir-akhir ini juga akan dibahas tapi bukan Anas secara personal," kata Ilham, 21 Juli 2011.

Dia menambahkan, meminta mundur Anas Urbaningrum untuk saat ini bukan sebuah solusi. Apalagi hanya karena gara-gara isu. Yang dibutuhkan Partai saat ini justru memperkuat komitmen untuk membesarkan partai, bukan dengan mengganti jabatan.

"Penggantian memang cara yang bisa dilakukan terhadap Anas. Tapi dengan penggantian juga, justru salah satu cara melemahkan partai untuk saat ini," papar Ilham.

Lebih jauh, Ilham menilai, Anas Urbaningrum merupakan kader Demokrat yang memiliki sikap jantan. Hal itu dibuktikan saat terpilih menjadi Ketua Umum dan langsung mengundurkan diri dari DPR, dengan posisi saat itu sebagai Ketua Fraksi.

Jabatan yang dinilai Ilham sebagai jabatan strategis itu dia tinggalkan karena ingin fokus membesarkan partai. Makanya itu, ketika menghadapi persoalan seperti ini, Anas pasti lagi-lagi akan bersikap akan bersikap tegas.

"Ini sifatnya isu. Jika memang benar, saya yakin, tanpa KLB sekalipun, Anas akan siap mundur. Jika Anas bersalah, Anas pasti akan gentle mengakuinya," kata Ilham. (Laporan: Rahmat Zeena | Makassar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar