PPC Iklan Blogger Indonesia

Selasa, 26 Juli 2011

Peran keluarga dalam proses belajar anak

Pengalaman belajar yang terjadi dalam keluarga merupakan pengalaman yang paling utama dan paling penting bagi anak. Pengalaman belajar yang menyenangkan, nyaman, dan aman serta di linkungan yang menarik di masa kecil merupakan permulaan yang sangat berharga.

Mereka yang merasakan itu akan memaknai dan merefleksikan penagalamannya ketika dewasa. Ia menemukan bahwa belajar itu menyenangkan dan membawa manfaat bagi dirinya. Sebaliknya mereka yang dilalaikan dan ditekan dengan berbagai cara ketika masa kecilnya akan menghadapi kesulitan dalam bergaul dengan orang lain.

Perlu anda sadari, setiap anak berbeda. Setiap tahapan dan perkembangan anak, memiliki tantangan tersendiri. Untuk memahaminya , anda mungkin membutuhkan nasehat atau dukungan tertentu dari seorang yang ahli.

Keluarga sangat berarti dalam pertumbuhan anak usia dini. Bahkan dapat menjadi unsure penentu. Terdapat sejumlah peran yang dapat diberikan oleh keluarga agar proses belajar anak berkembang secara optimal. Diantaranya(diantara peran-peran itu) adalah dengan memberikan kasih sayang, member semangat dan dorongan. ,memfasilitasi, member rasa hormat serta mengenalkan apa-apa yang “tidak boleh” dan yang boleh kepada anak.

Buku : Kiat merangsang kecerdasan anak, oleh Ali nugraha dan Neny ratnawati, Pustaka Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

morzing.com dunia humor dan amazing!